Aesthetic and minimalist design
Dialogues should not contain information which is irrelevant or rarely needed. Every extra unit of information in a dialogue competes with the relevant units of information and diminishes their relative visibility.Prinsip ini menekankan pada keindahan, desain yang minimalis serta informasi yang relevan.
Evaluasi pertama terkait aspek ini, adalah pada bagian label yang terletak di bagian footer website. Mengapa? karena sesuai dengan prinsip aspek ini, bahwa suatu website yang baik haruslah website dengan desain yang minimalis, serta menampilkan informasi yang penting dan relevan saja. Untuk label ini saya rasa kurang relevan dan membuat website terlihat tidak minimalis, karena ketika label ini di klik, maka pengunjung akan diantarkan ke halaman kategori sesuai dengan label yang dipilih.
| Label di bagian footer |
| Kategori |
Hal ini membuat halaman website terlalu kebawah (scroll terlalu banyak) sehingga pengunjung yang penasaran akan melakukan scroll kebawah dan yang mereka dapatkan hanyalah label - label yang notabene sama dengan kategori dibagian kanan website.
Saran :
Ada baiknya untuk label ini dihilangkan saja, agar website lavidyashop.com ini terlihat lebih elegan dan minimalis.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Evaluasi berikutnya adalah, selalu munculnya box yang berisi selamat datang, cek resi, dan cek ongoks kirim di setiap halamannya. Menurut Penulis ini tidak baik karena hal yang sama dimunculkan berulang kali dan dihalaman yang tidak semestinya.
| Box selamat datang |
| Box cek ongkos kirim |
| Box cek resi |
Saran :
Ada baiknya untuk bagian selamat datang ditempatkan di home, lalu cek resi dan cek ongkos kirim disimpan dibagian pemesanan, rasanya itu akan lebih efisien ketimbang penempatan yang sekarang.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Evaluasi berikutnya adalah penempatan form pemesanan yang rasanya terlalu dipaksakan.
| Form melebihi box dan tertutup menu kategori |
Form yang terlihat diatas seperti dipaksakan masuk kedalam sebuah kolom, sehingga tidak adanya scroll kesamping membuat form melebihi batas kolom yg tersedia, sehingga kesannya terlalu memaksakan dan tidak enak dilihat.
Saran :
Ada baiknya diatur ulang dalam penempatan form, tidak perlu dimasukan kedalam kolom akan lebih baik. Atau ukuran dari form itu sendiri diperkecil jika memungkinkan agar terlihat lebih indah dan enak dilihat.
Dari ketiga masalah diatas, penulis memberikan nilai Severity Ratings : 4
Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah.
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi.
4 = Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi.
Demikian hasil evaluasi penulis terkait aspek Aesthetic and Minimalist Design. Mudah - mudahan dengan adanya evaluasi ini, situs lavidyashop.com bisa menjadi situs yang lebih baik lagi :)
-TA | Amsterdam
Saya sangat setuju tentang label dan kategori yang dibahas oleh mas yang satu ini, benar adanya hal tersebut membuat pengguna harus melakukan pekerjaan yang sia-sia dengan scrolling dan tanpa hasil. Ada baiknya jika Label yang di bawah dihilangkan dan untuk kategorinya dibuatkan mega menu agar terlihat lebih rapi.
ReplyDeleteSuper sekali analisis anda Kang,, saya setuju untuk tidak menggunakan form pemesanan dari pihak kedua. Selain alasan untuk pengaturan yang lebih mudah dalam tata letaknya, ada kemungkinan berimplikasi pada keamanan datanya sendiri. :)
ReplyDeleteyup, bener sekali. Seandainyalabel tidak dihilangkan, diringkas dalam bentuk cloud menu juga bisa jadi pilihan. Tapi jika tidak memungkinkan dan kurang bermanfaat baiknya dihilangkan
ReplyDeleteSaya juga sangat setuju dengan penempatan kolom yang dipaksakan masuk sehingga terlihat kecil. Kalau yang masuk ke situs ini orang yang matanya kurang baik kan jadi kasihan harus lihat yang kecil-kecil
ReplyDelete