Sunday, 8 June 2014

Help and Documentation | www.lavidyashop.com

Pada postingan kesepuluh ini, penulis akan membahas tentang Help and Documentation dari www.lavidyashop.com.

Help and documentation
Even though it is better if the system can be used without documentation, it may be necessary to provide help and documentation. Any such information should be easy to search, focused on the user's task, list concrete steps to be carried out, and not be too large.
Sistem bisa dikatakan sangat baik jika dapat digunakan tanpa adanya bantuan dan dokumentasi, akan tetapi ini sangat jarang sekali terjadi sehingga keberadaan dari fitur help serta dokumnetasi sangat membantu pengunjung agar dapat menggunakan sistem sebagaimana mestinya.

Terkait aspek help and documentation ini, situs lavidyashop.com sebenarnya sudah menyediakan halaman tersendiri yang berisi bantuan bagi para pengunjung. Isi dari halaman tersebut adalah tata cara pemesanan melalui form, sms, dan bbm.

Bantuan untuk cara pemesanan

Namun sayangnya, menu bantuan ini lebih kearah pemesanan, bukan untuk membantu pengunjung dalam menjelajahi situs ini, mungkin seperti bantuan untuk menambahkan barang kedalam keranjang dll. Semua yang tertera pada halaman ini mengarah ke pemesanan.

Saran :
Ada baiknya ditambahkan pula bantuan untuk pengguna saat menjelajahi situs, agar pengguna pun tidak kebingungan dalam menjelajahi situs ini.


Dari hasil evaluasi diatas, penulis memberikan nilai Severity Ratings : 2

Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):

0 = Bukan masalah

1 = Masalah yang tidak terlalu penting

2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah.

3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi.

4 = Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi.


Demikian hasil evaluasi penulis terkait aspek Help and Documentation. Mudah - mudahan dengan adanya evaluasi ini, situs lavidyashop.com bisa menjadi situs yang lebih baik lagi :)

-TA | Amsterdam

1 comment:

  1. Iya, sepertinya situs e-commerce yang belum terlalu berkembang kurang memperhatikan petunjuk penggunaan website

    ReplyDelete