Error prevention
Even better than good error messages is a careful design which prevents a problem from occurring in the first place. Either eliminate error-prone conditions or check for them and present users with a confirmation option before they commit to the action.Prinsip ini menekankan pada usaha yang dilakukan sistem untuk menghindari terjadinya kesalahan. Hal ini berdasarkan aturan utama pada usability testing, yaitu tidak adakesalahan yang dilkukan oleh user.
Evaluasi pertama terkait error prevention terdapat dibagian kolom search. Umunya kolom search digunakan untuk mencari produk yang kita inginkan. Tapi disini error prevention tidak diterapkan, karena website ini mengizinkan pengunjung untuk melakukan search tanpa menginput apapun dalam kolom search. berikut adalah contoh hasil search kosong. Hasil yang dikeluarkan oleh website ini adalah barang yang paling baru.
| Search kosong |
Saran :
Ada baiknya berikan warning ketika pengguna melakukan blank search.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Evaluasi berikutnya ada pada form pemesanan, mengapa? kita lihat bahwa form pemesanan ini menggunakan google form, dan sudah di set agar field tidak boleh kosong. Namun, form tersebut juga tidak mencegah adanya kesalahan input dari pengunjung. Pihak lavidyashop.com mengizinkan pengisian semua field dengan karakter " " (spasi) dan mengisinya bukan dengan isian yang sesuai.
| Form diisi dengan spasi, lalu bisa di submit |
| Form diisi dengan isian yang tidak sesuai, namun bisa di submit |
Saran :
Ada baiknya dilakukan validasi seperti pada kolom no hp dan email, karena kedua kolom itu saya nilai paling krusial sebagai lanjutan dari pemesanan barang oleh pengunjung
Dari kedua masalah diatas, penulis memberikan nilai Severity Ratings : 3
Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah.
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi.
4 = Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi.
Demikian hasil evaluasi penulis terkait aspek Error Prevention. Mudah - mudahan dengan adanya evaluasi ini, situs lavidyashop.com bisa menjadi situs yang lebih baik lagi :)
-TA | Amsterdam
nampak sepele sekali ya gan, tapi dampaknya begitu besar...nice info gan
ReplyDeleteSaya setuju dengan saudara Tri, jika tidak divalidasi maka data yang salah akan terekam dan menghambat proses pengiriman barang
ReplyDeleteBanyak website yang bergerak dibidang ecommerce yang menggunakan google form tapi sayang sekali banyak juga fungsi default dari google form yang membuat error seperti yang dijelaskan di atas. Alangkah baiknya jika membuat form sendiri dengan fungsi yang sesuai di masing-masing fieldnya.
ReplyDelete